STRATEGI PEMASARAN BUKU, GENERASI KAYA ILMU


Di dalam udara yang dingin namun hati yang hangat, 23 Februari 2023


Hati ini belum siap merindu jika harus berpisah denganmu, KBMN ku. Tak terasa sudah materi yang ke 20 saja. Waktu begitu cepat berlalu, namun sangat bermakna sarat ilmu dan kebersamaan yang berkesan. Terima kasih. Semoga Allah memenuhi janjnya, mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, mau membaginya dengan ikhlas tanpa mengharapkan apa pun, seperti orang-orang yang ku kenal di dalamnya. Ada Om Jay, Om Dail, Bunda Kanjeng, dan yang lainnya. Aku merasa ada rasa hormat tersendiri kepada beliau-beliau, termasuk mentorku yang dengan sabar dan setia mengingatkan kami untuk segera merapikan resume agar menjadi buku solo. Aku pun kelak ingin menjadi pribadi yang rendah hati seperti mereka, mau berbagi tak pelit ilmu dan tak merasa diri di atas. Terima kasih yang tak terhingga, karena aku sedikit mengenal, tentang kerendahan hati di saat ilmu begitu menghiasi dan membuat kita lebih berarti.   

Rabu malam Kamis pukul 19.00, aku belajar tentang Pemasaran Buku dari Bapak Agus Subardana, SE., M.M sebagai narasumber pertemuan ke 20 di KBMN Gelombang 28. Banyak ilmu yang kudapat tentang tema tersebut. Beliau menyampaikan bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuandan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku. Dalam rangka mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal, maka kita perlu strategi pemasaran yang hampir dipakai oleh semua pengusaha. Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Terlihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan. Buku yang diterbitkan tersebut dikelompokkan menjadi kategori buku. Salah satu contoh Penerbit Andi Offset yang menerbitkan buku cukup banyak kategori produk yaitu ada 32 kategori produk buku (buku anak, buku bisnis, buku pertanian, buku fiksi, buku pengembangan diri, buku teks, dan lain-lain). Dari jenis-jenis kategori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis kategori buku yang diterbitkan. Pada umumnya dipengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor mikro, yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor makro, yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial budaya. 

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa ada dua strategi pemasaran yang dilakukan oleh Penerbit ANDI Offset, yaitu :
1. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (On Line) melalui digital marketing dengan menggunakan internet. Jenis-jenisnya yaitu :
- Content marketing, adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
- Search Engine Optimization (SEO), bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan membeli produk yang kita tawarkan.
- Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau SERP.
- Social Media Marketing, memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan sosial media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kadang-kadang supaya lebih menarik, salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah membuat pantun jualan, apalagi sasarannya adalah anak muda. Contoh : Di taman ada banyak kumbang
                                                                Di kali banyak buaya
                                                                Janganlah ragu ataupun bimbang
                                                                Toko online ini bisa dipercaya
- Email Marketing, yang menggunakan media email untuk bisa menjangkaulebih banyak pelanggan.
- Instant Messaging Marketing, bisa menjadi pertimbangan saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online dengan menggunakan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya. 
- Influencer Marketing, yang membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya.
- Video Marketing, strategi pemasaran digital yang berfungsi sebagai pelengkap promosi dan pemasaran
- Chanel Youtube TV, yang dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lama di hp android melalui layanan live streaming.
2. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (Of Line), kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik.
- Toko Buku, ada toko buku modern, toko buku semi modern dan toko buku tradisional

Padat nian materi yang disampaikan beliau. Sangat bermanfaat dan semoga aku bisa mendistribusikan  buku yang kuhasilkan nanti agar bisa membagi ilmu yang kumiliki.


 
 

Comments

Popular posts from this blog

MARI BERPUISI

POIN BUKU PADA KENAIKAN PANGKAT PNS